Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Baju Si Buah Hati

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Baju Si Buah Hati

Selamat siang sahabat Harum, kali ini Harum mau berbagi info nih..
Ternyata mencuci baju si kecil merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Beberapa bahan pakaian mungkin akan rusak apabila dicuci menggunakan mesin cuci terus menerus.

Oleh karena itu, sahabat Harum juga perlu belajar mencuci baju si kecil dengan tangan, agar hasilnya lebih maksimal tanpa merusak bahan. Bagaimana kalau baju si kecil terkena noda atau mulai terlihat kusam?
Nah, ini ada 6 hal yang harus diperhatikan saat mencuci baju si Buah Hati. Apa itu?

1. Siapkan kadar dan suhu air yang sesuai

Mencuci baju baik dengan tangan ataupun mesin cuci, sahabat Harum harus memperhatikan kadar dan suhu air cucian. Isilah mesin cuci atau ember cucian yang Anda gunakan dengan suhu yang sesuai dengan petunjuk perawatan baju yang tertera di label bagian kerah. Jika sahabat mencuci beberapa baju sekaligus, pilihlah suhu air terendah.

Kain berbahan sutra, wol, atau hasil tenun, bordir, dan hiasan payet, akan lebih baik jika dicuci secara manual (dengan tangan) dibandingkan menggunakan mesin cuci otomatis. Selain itu, gunakanlah sarung tangan karet agar tangan sahabat tetap halus dan terhindar dari iritasi.

2. Gunakan deterjen terbaik

Sahabat Harum, saat mencuci baju si buah hati, sangatlah penting untuk memilih deterjen yang tepat. Mengapa? Karena kulit si kecil masih sangat sensitif terhadap paparan bahan kimia yang asing bagi tubuhnya.

Untuk beberapa jenis mesin cuci, sahabat bisa memakai deterjen cair khusus untuk si buah hati yang lebih mudah larut dan tidak meninggalkan residu pada pakaian. Namun, ada juga beberapa mesin cuci tertentu yang harus menggunakan deterjen bubuk untuk menjaga warna pakaian dan anti-bakteri.

Jika sahabat ingin mencuci dengan tangan, Anda bisa memilih deterjen yang lembut di tangan. Kini juga tersedia deterjen ukuran compact (kemasan) yang memudahkan sahabat Harum jika ingin mencuci baju si kecil ketika sedang traveling.

3. Rendam baju

Setelah memasukkan deterjen, silakan mengambil tumpukan pakaian kotor lalu rendamlah di dalam air. Pastikan bahwa kadar air cukup untuk merendam semua pakaian, sehingga proses pencucian bisa berjalan sempurna.

Untuk baju si buah hati yang terkena noda, sahabat Harum harus merendamnya terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa sebagian noda sudah terangkat sehingga Anda pun tidak perlu terlalu lama menguceknya.

4. Kucek baju atau gunakan sikat cucian

Untuk mencuci baju dan menghilangkan noda membandel pada baju bayi Anda, sahabat Harum harus mengucek pakaian dengan lembut. Hindari mengucek terlalu keras karena bisa membuat serat pakaian menjadi melar. Bagian-bagian yang perlu diperhatikan adalah bagian ketiak atau kerah, karena di situlah si kecil sering berkeringat dan meninggalkan noda.

Selain itu, sahabat juga bisa menggunakan sikat cuci dengan bulu halus namun kuat, sehingga kotoran membandel pun bisa terangkat dengan baik.

5. Berikan pewangi dan pelembut pakaian

Setelah membersihkan noda membandel dari pakaian, kini sahabat Harum perlu memberikan pewangi dan pelembut cair agar pakaian si buah hati tetap terasa halus dan segar, meskipun setelah berhari-hari dicuci.

Pewangi dan pelembut ini juga berfungsi untuk memudahkan sahabat ketika menyetrika pakaian si buah hati nanti. Selain menjaga kualitas serat pakaian, pewangi juga bisa memberikan kenyamanan di tubuh mungil Buah Hati Anda.

6. Keringkan dan jemur baju

Setelah semuanya selesai, sahabat Harum bisa membilas pakaian si buah hati, kemudian mengeringkannya dengan mesin cuci atau memerasnya agar pakaian tidak terlalu basah. Setelah itu, baju bayi Anda pun siap dijemur!

Pastikan bahwa sahabat Harum menjemur di tempat yang terkena sinar matahari langsung, agar pakaian bisa kering sepenuhnya dan tidak lembab. Kemudian, sahabat pisahkan pakaian berbahan elastis, seperti rajutan. Ini bertujuan agar tidak digantung dengan hanger tapi dijajarkan di bidang datar yang bersih. Ini untuk memastikan supaya baju si buah hati tidak berubah bentuk.

 

Bagaimana? Sudah puas, bukan?
Itulah 6 hal yang harus sahabat Harum perhatikan saat mencuci baju si buah hati. Kenyamanan untuk si kecil memang harus menjadi prioritas utama kita sebagai orang tua ketika mencuci baju buah hati kita. Jangan sampai sahabat menggunakan bahan-bahan deterjen yang mengandung kimia berbahaya dan tidak aman untuk kulit sensitifnya.

Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

+6285-200-300-319

Telp. (0335) 429 150

Copyright ©2019 | Harum Laundry Probolinggo